√News Item Text – Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh

News Item Text – Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh - Lagi cari info mengenai Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Bahasa Inggris A-Z akan coba mengupas mengenai "News Item Text – Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh" yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Bahasa Inggris A-Z. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap News Item Text – Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh

News Item Text – Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh – Apa itu news item text? Mungkin kita sering mendengarnya, tapi apakah kita sudah mengerti secara detail? Jika belum, berikut ini saya berikan penjelasan detail mengenai news item text dalam bahasa Inggris.

Pengertian

News item text adalah suatu text yang bersifat informatif dan memberikan suatu berita atau informasi kepada para pembacanya. Berita yang dinformasikan merupakan bertita yang penting atau layak untuk diinformasikan.

Tujuan

Tujuan dari Sebuah news item text adalah untuk mengimformasikan suatu berita kepada para pembacanya.

Generic Structure of the text

Dalam menulis News Item Text ada 3 susunan umum yang harus diperhatikan yaitu:

1. Main event
Main event adalah peristiwa fakta atau berita utama yang akan diinformasikan kepada para pembaca. Berita yang ditulis harus suatu berita yang penting dan layak untuk diberitakan kepada masyarakat luas.

2. Elaboration
Elaboration adalah penjelasan lebih lanjut berupa latar belakang terjadinya masalah dalam peristiwa tersebut, siapa yang terlibat, waktu dan tanggal terjadinya peristiwa tersebut semuanya diperjelaskn secara terperinci.

3. Resource of information
Resource of information adalah sumber berita terebut. Karena news item adalah text yang bersifat meberikan informasi maka perlu adanya sumber yang terpercaya agar para pembaca yakin dengan berita yang mereka baca.

Language feature

1. Penulisan Judul berdasarkan isi keseluruhan berita yang diringkas ke dalam satu kalimat.
2. Bahasa yang digunakan tidak berbelit-belit dan informative.
3. Menggunakan past tense
4. Menggunakan action verb seperti Hold, Say, Sink dll.
5. Penyajian ide diuraikan secara sistematis
6. Sering menggunakan adverb (Time, place and manner)
7. Sering menggunakan direct speech

[sc:kodeadsense]

Contoh text:

President Jokowi Orders to Sink the Illegal Fishing Boat

Jokowi has instructed his subordinate to sink foreign ships which invade and steal fish from Indonesia’s territorial water on the spot.
Jokowi explained that we have to do serious action in facing this problem because it is so detrimental for Indonesia. “We have been lost around Rp. 300 trillion (US$24.7 Billion) every year from illegal fishing” he added. This new policy needs to be done to prevent the bigger lose and scare another foreign fish that want to come to Indonesia.

“There is no need to arrest them. We have to act decisively so that they are wary to steal our fish” said Jokowi. There are approximately 5.400 illegal ships which invade to Indonesia territory and steal fish from Indonesia. “It is better to sink 10 to 20 ships rather than we lose our fish to create a deterrent effect” Jokowi said. Although our president asked to sink the ships but he reminds the safety of the crew must be priority. They will be arrested and sent to their country. To do this policy Jokowi would asked the relevant officials, including Indonesian Military Commander Gen. Moeldoko, Navy Chief of staff Adm. Marsetio and Fisheries Minister Susi Pudjiastuti, to arrange the necessary step.

This policy was delivered by President Jokowi in his speech at National Resilience Institute’s (Lemhannas) annual training on Sunday night (5/1).

(Source: The Newest News)

Artinya:

Presiden Jokowi Memerintahkan Untuk Menenggelamkan Kapal Pencrari Ikan Illegal

Jokowi telah menginstruksikan bawahannya untuk menenggelamkan kapal-kapal asing yang masuk dan mencuri ikan dari perairan Indonesia.

Jokowi menjelaskan bahwa kita harus melakukan tindakan serius dalam menghadapi masalah ini karena hal ini sangat merugikan bagi Indonesia. “Kami telah kehilangan sekitar Rp. 300 trillion (US $ 24,7 Miliar) setiap tahun dari illegal fishing “tambahnya. Kebijakan baru ini perlu dilakukan untuk mencegah kehilangan lebih besar dan untuk menakut-nakuti ikan asing lain yang ingin datang ke Indonesia.

“Tidak perlu menangkap mereka. Kita harus bertindak tegas agar mereka jera untuk mencuri ikan kita “kata Jokowi. Ada sekitar 5.400 kapal ilegal yang masuk ke wilayah Indonesia dan mencuri ikan dari Indonesia. “Lebih baik tenggelamkan 10 sampai 20 kapal daripada kita kehilangan ikan untuk menciptakan efek jera” kata Jokowi. Meskipun presiden kita meminta untuk menenggelamkan kapal tetapi ia mengingatkan keselamatan kru harus menjadi prioritas. Mereka akan ditangkap dan dikirim ke negara mereka. Untuk melakukan kebijakan ini Jokowi akan meminta pejabat terkait, termasuk Komandan Militer Indonesia Jenderal Moeldoko, Kepala Angkatan Laut staf Adm. Marsetio dan Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti, untuk mengatur langkah yang diperlukan.

Kebijakan ini disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam sambutannya di pelatihan tahunan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) pada senin malam (5/1).

Generic structure analysis

Main event : Jokowi has instructed his subordinate to sink foreign ships which invade
and steal fish from Indonesia’s territorial water on the spot.

Elaboration:

Background 1: Jokowi explained that we have to do serious action in facing this problem
because it is so detrimental for Indonesia. “We have been lost around Rp.
300 trillion (US$24.7 Billion) every year from illegal fishing” he added. This
new policy needs to be done to prevent the bigger lose and scare another
foreign fish that want to come to Indonesia.

Background 2: “There is no need to arrest them. We have to act decisively so that they are
wary to steal our fish” said Jokowi. There are approximately 5.400 illegal
ships which invade to Indonesia territory and steal fish from Indonesia. “It is
better to sink 10 to 20 ships rather than we lose our fish to create a deterrent
effect” Jokowi said. Although our president asked to sink the ships but he
reminds the safety of the crew must be priority. They will be arrested and
sent to their country. To do this policy Jokowi would asked the relevant
officials, including Indonesian Military Commander Gen. Moeldoko, Navy
Chief of staff Adm. Marsetio and Fisheries Minister Susi Pudjiastuti, to
arrange the necessary step.

Source : This policy was delivered by President Jokowi in his speech at National
Resilience Institute’s (Lemhannas) annual training.

(Source: The Newest News)

Itulah uraian tentang News Item Text – Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs bahasainggrisaz. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : √News Item Text – Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contoh