√Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan (Advertisement) dalam Bahasa Inggris  

Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan (Advertisement) dalam Bahasa Inggris   - Lagi cari info mengenai Bahasa Inggris? Menarik memang bila kita mengupas tentang bahasa yang satu ini, karena bahasa inggris merupakan bahasa Internasional, hingga siapapun tertarik untuk mempelajarinya. Nah dikesempatan yang indah ini Bahasa Inggris A-Z akan coba mengupas mengenai "Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan (Advertisement) dalam Bahasa Inggris  " yang mungkin saja saat ini sedang Anda cari.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya saya menyapa sobat pembaca semuanya. Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia selalu. Kami ucapkan selamat datang di situs Bahasa Inggris A-Z. Sebuah situs sederhana yang menyediakan informasi gratis untuk siapapun yang ingin mempelajari bahasa inggris secara lebih serius. Nah, langsung ke pembahasannya saja yuk?.

Uraian Lengkap Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan (Advertisement) dalam Bahasa Inggris  

Iklan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan advertisement merupakan salah satu contoh dari jenis teks fungsional pendek (short functional text­­). Materi tentang iklan (advertisement) ini banyak kita temukan dalam berbagai soal bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting bagi teman – teman untuk mempelajarinya. Berikut adalah definisi, tujuan, ciri – ciri, dan contoh iklan (advertisement) dalam bahasa Inggris.

 

Pengertian Teks Fungsional Pendek (Short Functional Text)

 

Functional Text adalah teks yang menyajikan informasi yang penting bagi seseorang. Sedangkan short functional text adalah sebuah teks pendek yang mengandung informasi spesifik dan penting. Contoh dari short functional text adalah pemberitahuan (notice), pengumuman (announcement), iklan (advertisement), pesan singkat (short message), label, brosur (brochure), tanda (sign), dan sebagainya. Fungsi dari short functional text adalah untuk memberitahukan sebuah informasi kepada seseorang atau masyarakat.

 

1.Pengertian Iklan (Advertisement)

 

Advertisement (iklan) adalah sebuah pemberitahuan tentang promosi sebuah barang, jasa, atau kegiatan. Pengiklanan (advertising) adalah sebuah bentuk komunikasi yang digunakan untuk mengajak masyarakat (para pendengar, pembaca, atau penonton) untuk mengambil langkah baru.

 

2. Fungsi Iklan (Advertisement)

 

Fungsi dari advertisement ini adalah untuk mengumumkan kepada masyarakat tentang sebuah barang, jasa, atau kegiatan. Dengan kata lain, advertisement (iklan) ini digunakan untuk mengenalkan sebuah barang, jasa, atau kegiatan sehingga masyarakat yang membaca, mendengar, atau melihat iklan tersebut menjadi tertarik untuk memakai barang, menggunakan jasa, atau mengikuti kegiatan yang diiklankan.

 

3. Bagian – Bagian Iklan (Advertisement)

 

Pada umumnya, sebuah advertisement (iklan) terdiri atas lima bagian sebagai berikut.

  • Headline (Judul Utama)
  • Subheads (Anak Judul)
  • Body (tubuh/ isi)
  • Slogan (Semboyan)
  • Closing (Penutup)

 

4. Tata Bahasa (Language Features) dari Iklan (Advertisement)

 

Beberapa tata bahasa yang digunakan dalam iklan adalah sebagai berikut.

  • The Use of Mispelling and Coinages (Menggunakan Kata – Kata Baru yang Informal)

Contoh: We know eggsactly how to sell eggs. (seharusnya exactly)

 

  • Frequent Use of Particular Verbs (Penggunaan Kata – Kata Tertentu yang Diulang)

Beberapa kata yang sering digunakan dalam iklan (advertisement) adalah get, take, try, let, ask, call, use, send, for, hurry, come on, make, come, see, give, discover, remember, serve, look for, choose dan introduce.

 

  • The Use of Simple and Informal Words (Penggunaan Kata yang Sederhana dan Informal)

Contohnya dalam iklan mobil, oven, atau telepon baru, kita dapat melihat atau mendengar kata – kata seperti berikut.

“I couldn’t believe it until I tried it! I’m really impressed! You’ve gotta try it! You’ll love it!”

(Aku tidak percaya sampai aku mencobanya! Aku benar – benar terpukau. Kamu harus mencobanya! Kamu pasti akan menyukainya!).

[sc:ad]
  • The Use of “Positive” Adjectives (Penggunaan Kata Sifat Bermakna Positif)

Dalam iklan (advertisement) penggunaan dan pemilihan kata – kata sangatlah penting. Kata – kata dalam iklan yang memberikan kekuatan dan bermakna positif lebih disukai karena kata – kata tersebut dapat memberikan informasi tentang apa yang diiklankan dengan baik dan menarik.

 

Beberapa kata sifat bermakna positif (Positif Adjective) yang sering digunakan dalam iklan (advertisement) yaitu rich, strong, stylist, special, safe, extra, clean, bright, easy, sure, full, real, delicious, great, fresh, big, free, fine, good/ better/ best, crisp, new.

 

  • The Use of More Simple Sentences, Fewer Complex Sentences (Pengunaan Kalimat Sederhana yang Lebih Banyak, dan Kalimat Panjang dan Kompleks Lebih Sedikit)

Contoh:

  • Dalam iklan mobil Honda

“It comes with a conscience”

(Hadir dengan suara hati)

  • Dalam iklan makanan:

“Luxer’s presents 14 days to get your life, on the right course.”

(Luxer mempersembahkan hidangan yang tepat untukmu selama 14 hari)

 

  • Frequent Use of Compounds (Penggunaan Kata – Kata Gabungan)

Contoh:

  • fresh-tasting milk (susu segar)
  • chocolate-flavored cereal (sereal rasa coklat)
  • top-quality bulbs (lampu bohlam dengan kualitas bagus/ top)

 

  • The Use of More Interrogative Sentences and Imperative Sentences (Penggunaan Kalimat Tanya dan Kalimat Perintah yang Lebih Banyak)

Contoh:

  • “What’s so special about Lurpark Danish butter?”

(Apa yang spesial dari mentega Lurpark Danish?)

  • “Have a little fruit after dinner!”

(Konsumsilah sedikit buah setelah makan!)

 

5. Contoh Iklan (Advertisement) dalam Bahasa Inggris beserta Penjelasannya

 

LOUIS’

20th Anniversary

 

SALE is NOW ON!!!

Get SPECIAL PRICE from 1st September – 1st October 2018

  • Louis’ shoes 50% off
  • MGD’s bag 60% off
  • Jimm’s Jacket 70% off
  • Many more …

 

www.louis.com

FB : Louis Smith

Twitter : @louissmithshoes

 

FREE!!!

Special gift*

 

 

Penjelasan:

Tujuan dari penulis menulis iklan (advertisement) di atas adalah untuk mengajak para pelanggan/ kustomer untuk mengunjungi Louis Boutique. Dalam rangka ulang tahun butik tersebut yang ke – 20, Louis Boutique memberikan harga dan diskon spesial sampai dengan 70% untuk sepatu, tas, jaket, dan banyak barang lainnya. Membuat iklan dengan memberikan informasi tentang harga special merupakan cara pemilik butik untuk menarik perhatian para pelanggan/ kustomer untuk mengunjungi butik dan membeli barang – barang dengan harga special mulai dari tanggal 1 September 2018 sampai 1 Oktober 2018.

 

Demikianlah definisi, tujuan, ciri – ciri, dan contoh iklan (advertisement) dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan tersebut dapat dipahami dengan baik dan dapat bermanfaat bagi teman – teman. Terima kasih.

Itulah uraian tentang Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan (Advertisement) dalam Bahasa Inggris   yang bisa kami sampaikan untuk Anda semuanya. Kami harap uraian diatas bisa menambah wawasan untuk kita semua, terlebih untuk Anda yang saat ini sedang mencarinya. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih karena sudah menyempatkan waktu mampir ke situs bahasainggrisaz. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya dan jangan lupa bahagia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : √Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan (Advertisement) dalam Bahasa Inggris